MAN 1 GRESIK AJARKAN PEMBELAJARAN DEMOKRASI MELALUI PEMILIHAN KETUA OSIS PERIODE 2023/2024

Pendidikan yang baik tidak hanya menginformasikan kebaruan dalam ilmu pengetahuan. Namun pendidikan yang baik harus membangun potensi dan karakter dari akar. Untuk membangun karakter dari akar, maka perlu dilakukan pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan karakter peserta didik secara utuh.

Sebagaimana halnya yang dilaksanakan MAN 1 Gresik pada Jumat 18 Agustus 2023. MAN 1 Gresik selenggarakan pesta demokrasi berupa pemilihan Ketua OSIS periode 2023—2024. Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman MAN 1 Gresik sisi timur.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pentingnya belajar demokrasi sejak dini. Melalui pembelajaran demokrasi ini, diharapkan peserta didik MAN 1 Gresik dapat belajar bagaimana berpolitik secara dewasa, dan apabila ketika orang yang dipilihj kalah dalam pemilihan, maka dapat menerima kenyataan dengan lapang dada.

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS MAN 1 Gresik dimulai pukul 08.00. setelah pembukaan secara simbolis, siswa yang memiliki hak pilih idberikan kesempatan secara bergiliran untuk menggunakan hak pilihnya. Mulai dari kelas X-1 hingga kelas XII Bahasa.

Dalam pemilihan Ketua OSIS tahun ini terdapat empat kandindat. Empat kandidar tersebut yaitu,

  1. Embun Bening Aliyah Faricha (XI-8)
  2. Putri Febrina Al Rasyidah (XI-9)
  3. Farrel Mustaf Kiemal (XI-8)
  4. M. Maulidan Habibi (XI-7)
    Perhitungan suara pemilihan Ketua OSIS dilaksanakan setelah salat Jumat. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilaksanakan oleh panitia pemilihan Ketua OSIS MAN 1 Gresik menghasilkan keputusan Embun Bening 128 suara, Putri Febrina Al Rasyidah 196 suara, Farrel Mustaf Kiemal 428 suara, dan M.Maulidan Habibi 199 suara. Sedangkan jumlah suara tidak sah sejumlah 50 suara.

Berdasarkan hasil tersebut, maka Farrel Mustaf Kiemal (XI-8) ditahbiskan sebagai Ketua OSIS MAN 1 Gresik periode 2023/2024. Setelah pengumuman hasl pemungutan suara pemilihan Ketua OSIS MAN 1 Gresik, Farrel Mustaf Kiemal diberikan ksempatan untuk memberikan sambutannya setelah terpilih sebagai Ketua OSIS MAN 1 Gresik.

Leave a Comment